Penjelasan Umum PKM GT

Program Kreativitas Mahasiswa-Gagasan Tertulis (PKM-GT) merupakan salah satu komponen utama PKM-Karya Tulis. PKM-GT merupakan jelmaan logis dari Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM)  setelah diintegrasikan ke dalam program PKM. Bergabungnya KKTM ke dalam PKM memberi konsekuensi tidak terselenggaranya jenjang kompetisi antar wilayah sebagaimana terjadi  sebelumnya.  Demikian  pula  pada  pembidangan  KKTM  yang  diklasifkasikan  secara spesifk ke dalam lingkungan hidup, INTIM, IPA, IPS, Pendidikan dan Seni, ditiadakan. Meskipun demikian, reviewer PKM-GT akan dibagi menurut bidang ilmu (IPA/IPS/PENDIDIKAN dan SENI) dengan  sistem kejuaraan  tetap  tanpa mempertimbangkan bidang  ilmu. Oleh karena  fokus perhatian  pada  program  PKM  adalah  kreativitas,  sehingga  pembatasan-pembatasan  atas dasar tema ataupun bidang keilmuan menjadi tidak signifkan.
PKM-GT merupakan wahana mahasiswa dalam berlatih menuliskan  ide-ide  kreatif  sebagai respons  intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat.  Ide  tersebut seyogyanya  unik,  kreatif  dan  bermanfaat  sehingga  idealisasi  kampus  sebagai  pusat  solusi dapat menjadi kenyataan. Sebagai intelektual muda, mahasiswa umumnya cenderung panda mengungkapkan  fakta-fakta  sosial,  namun  melalui  PKM-GT,  level  nalar  mahasiswa  tidak hanya dituntut sampai sebatas mengekspos fakta tetapi  justru harus mampu memberi atau menawarkan solusi.

Sebagai salah satu PKM yang ditampilkan dalam PIMNAS, maka tata tertib dan segala sesuatu yang terkait pada persyaratan presentasi diatur tersendiri di dalam Pedoman PIMNAS 2009.

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Umum PKM GT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel